Ini Cara yang Bisa Anda Lakukan Jika File Penyimpanan Data Ponsel Anda Penuh

Sering penggunan ponsel dihadapkan pada masalah yang sedikit merepotkan. Saat ada momen atau apapun yang sedianya akan disimpan dalam data ponsel, ternyata kapasitas penyimpanan datanya sudah penuh. 

 

Cara yag biasa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan membuang beberapa data yang nggak penting atau tidak digunakan lagi. Namun cara ini tentu memerlukan waktu dan harus melakukan seleksi terhadap data yang akan dibuang. 

Perlu kita sadari bahwa kapasitas penyimpanan data ponsel Android itu pasti terbatas. Meskipun ponsel Anda mampu menyimpan data dalam ukuran yang besar, suatu saat pasti penyimpanan internalnya akan penuh juga. Memang paling ideal jika kita tidak perlu melakukan apa-apa dalam mengelola tempat penyimpanan data di ponsel.

Kini Anda bisa sedikit lega, karena dii Android terbaru sudah ada fitur Smart Storage yang diaktifkan secara bawaan (default), yang akan menghapus data yang tidak diperlukan secara otomatis. 

Namun bagaimana bila fitur ini ternyata masih kurang memadai? Berikut 3 trik yang bisa Anda lakukan, seperti dilansir bisnis.com.

Backup di Google Photos
 
Foto atau vidio yang diambil kamera merupakan berkas yang banyak memakan tempat di ponsel Anda. Untungnya Google menyediakan fitur backup gratis dan tidak terbatas. Anda bisa mengatur agar Google Photos mengunggahnya secara otomatis ketika terhubung dengan WiFi, untuk menghemat kuota sambungan data.

Harus diingat bahwa fitur backup dengan kuota tidak terbatas ini hanya berlaku bila Anda memilih untuk menyimpan berkas dengan kualitas yang sudah dikurangi dibandingkan aslinya. Ini merupakan harga yang harus dibayar untuk mendapatkan penyimpanan foto gratis. Setelah berkas foto dan video tersebut di-backup, Anda dapat menghapus berkas aslinya.

Ini bisa dilakukan dari menu FreeUp Space dari Google Photos. Kadangkadang Google Photos juga akan mengingatkan Anda untuk melakukan tindakan bersih-bersih ini.

Medium Penyimpanan Tambahan

Cara ini patut Anda pertimbangkan bila storage internal ponsel Anda tidak lagi mencukupi, Banyak ponsel Android menyediakan slot untuk kartu memori, yang bisa menampung data tambahan sampai ratusan gigabyte.

Jika ponsel Anda tidak punya slot ekspansi untuk data tambahan, Anda bisa menggunakan flash drive atau bahkan cakram keras eksternal berkat fitur USB-to-Go. Fitur ini, yang sudah tersedia di setiap ponsel Android terbaru, memungkinkan ponsel membaca data di medium penyimpanan eksternal tersebut.

Anda mungkin harus menyediakan adapter atau kabel konverteragar dapat menancapkan medium eksternal tersebut ke porta di ponsel.

Hapus Berkas yang tak Perlu Pengelola berkas Google Files memiliki kemampuan untuk membantu kita menghemat tempat di ponsel, antara lain menghapus berkas yang tidak diperlukan serta aplikasi yang jarang digunakan.

Dua jenis data ini biasanya bisa dihapus dengan aman. Google Files juga bisa menampilkan berkas-berkas berukuran besar, berkas yang tersimpan di folder unduhan (Download), serta berkas dari aplikasi percakapan (chat).

Anda bisa memeriksa berkas mana saja yang tidak diperlukan lagi atau perlu dipindahkan ke tempat yang lebih sesuai (misalnya di kartu memori).

Penyimpanan Data Daring

Layanan penyimpanan data daring penting bagi Anda karena bisa menyimpan data penting yang jarang diperlukan tapi masih bisa diakses sewaktu-waktu. Tentunya Anda bisa saja menggunakan Google Drive di sini, tetapi sebaiknya Anda disarankan untuk menggunakan layanan lain seperti OneDrive atau Dropbox.

Kapasitas Google Drive memang cukup besar (15 GB), tetapi ini berbagi dengan data lain, seperti Gmail dan Google Photos (bila Anda memilih untuk menyimpan foto dengan kualitas asli). Baik OneDrive dan Dropbox juga memiliki aplikasi untuk penyelarasan data dengan peranti lain (ponsel, tablet, komputer).

Nah, itulah tiga trik yang bisa Anda lakukan menghadapi problem data penyimpanan ponsel yang sudah penuh. Selamat mencoba, semoga Anda tidak repot lagi.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.