Penting untuk Perjalanan Anda, Pahami Aturan Bagasi di 6 Maskapai Ini

Anda nggak mau ribet, pikirkan satu urusan soal bagasi barang bawaan Anda jika hendak naik pesawat terbang. Urusan bagasi menjadi masalah yang harus dipertimbangkan ketika pergi berlibur.

Oleh karena itu, disarankan Anda sebagai calon penumpang pertama kali melihat aturan bagasi yang telah ditetapkan oleh maskapai penerbangan. Karena, jika berlebihan, Anda harus menghabiskan atau membayar biaya tambahan. 



 Bagi Anda yang tidak ingin mendapat pengalaman yang nggak mengenakkan, berikut aturan soal bagasi di enam maskapai penerbangan di Indonesia yang perlu Anda pahami.

1. Garuda Indonesia

Aturan Bagasi Garuda Indonesia, maskapai menyediakan dua kategori bagasi. Bagasi pertama tanpa kontrol (kabin), bagasi terdaftar ditempatkan di kabin berat 7 kg. Ukuran panjang 56 cm, lebar 36 cm atau 23 cm tebal, tetapi jumlah dari tiga dimensi tidak melebihi 115 cm atau berat 7 kg.

Ada pengecualian untuk kelas ekonomi CRJ dan ATR, yang merupakan batas maksimum: panjang 41 cm, lebar 34 cm atau 17 cm tebal, tetapi jumlah dari tiga dimensi tidak melebihi 92 cm atau berat 7 kg.  Bagasi dapat ditempatkan di kompartemen di atas kepala Anda atau di bawah kursi penumpang.

Kategori berikutnya adalah bebas bagasi. Untuk layanan domestik jika penumpang dewasa duduk dengan kelas pertama mendapat gratis 40 kg, 30 kg untuk kelas bisnis dan 20 kg untuk kelas ekonomi.

Untuk anak-anak dan bayi dengan kursi kelas pertama, ekonomi dan bisnis juga gratis bagasi. Ktentuannya adalah kelas pertama mendapat 20 kg, dan untuk bisnis dan ekonomi mendapat 10 kilogram.

Sedangkan ketentuan jatah bagasi terdaftar gratis untuk penumpang pada penerbangan internasional, dengan berat lebih dari pada penerbangan domestik.

2. Lion Air


Dari 1 September 2019 aturan bagasi Lion Air memiliki ketentuan baru. Lion Air Group menerapkan tarif baru bagasi untuk pembelian diperiksa bagasi di bandara karena kelebihan berat badan atau dimensi.

Aturan bagasi Lion Air menerapkan 0 kilogram. Artinya, jika Anda hendak berpergian menggunakan maskapai Lion Air serta memerlukan fasilitas bagasi, Anda perlu membayar tarif bagasi saat check-in.

Lion Air memberikan pembatasan kuota untuk penumpang yang ingin melakukan pembelian bagasi adalah maksimum 30 kg bagasi.

Anda juga dapat menikmati kabin bagasi gratis, ketentuan bagasi Lion Air untuk dimensi barang yang bisa masuk ke kabin adalah tidak lebih panjang 40 sentimeter (cm), lebar 30 cm, dan tinggi 20 cm. Untuk bagasi tidak terdaftar atau yang dibawa ke kabin, koper atau barang tidak boleh lebih dari 7 kilogram.

3. Citilink
 
Citilink memberikan fasilitas bagasi terdaftar untuk setiap penumpangnya dengan ketentuan maksimal berat 20 kg. Citilink juga mematok tarif bagasi sesuai dengan kapan penerbangan itu diberangkatkan, jarak yang ditempuh, dan berat dari setiap barang penumpang.

Jika untuk excess baggage (kelebihan berat) yang dipungut bervariasi, tergantung pada waktu dan jarak penerbangan.

Saat ini untuk checked baggage (penerbangan domestik) berat maksimal 20 kg untuk pesawat A320 dan maksimal 10 kg untuk pesawat ATR. Sedangkan untuk penerbangan internasional penumpang mendapatkan kuota maksimal 10 kg.

Sesuai ketentuan bagasi Citilink, tersedia bagasi di kabin dengan maskimal berat barang 7 kg. Untuk bagasi kabin maksimal 7 kg, dimensi maksimal 56 x 36 x 23 cm (untuk pesawat A320) dan dimensi maksimal 41 x 34 x 17cm (untuk pesawat ATR).

4. Sriwijaya

Tercatat per satu Maret 2019, Sriwijaya Air resmi mengurangi Kuota Bagasi Gratis. Sesuai ketentuan bagasi Sriwijaya Air, ada penyesuaian untuk kelas ekonomi dari 20 kg menjadi 15 kg, serta ATR dari 15 kg menjadi 10 kg.

Dimensi tas atau koper yang dibawa ke dalam kabin tidak melebihi ukuran 56 cm x 33 cm x 23 cm dan berat 7 kilogram, agar bisa masuk dalam kompartemen atas kabin.

Sementara itu, menurut aturan bagasi Sriwijaya Air, tas tangan yang dibawa harus muat untuk diletakkan di bawah kursi penumpang selama perjalanan.

5. Air Asia

AirAsia Indonesia memberikan bagasi gratis hanya untuk penumpang domestik, yaitu seberat 15 kg. Sesuai aturan bagasi Air Asia, apabila kamu membawa barang melebihi 15 kg, maka perlu membayar biaya kelebihan bagasi.

Untuk fasilitas bagasi kabin di Airasia, barang yang kamu bawa tidak boleh melebihi ukuran 56cm (tinggi) X 36cm (lebar) X 23cm (panjang).

Barang yang dapat ditaruh di bawah kursi di depan seperti satu tas Laptop atau satu tas tangan atau satu tas kecil. Menurut ketentuan bagasi Air Asia, barang yang dibawa ke kabin tidak boleh melebihi berat 7 kg.

6. Batik Air

Maskapai Batik Air menyediakan fasilitas bagasi tidak terdaftar yaitu penumpang bisa membawa barang bawaan tidak lebih dari 7 kilogram ke dalam kabin. Sesuai ketentuan bagasi Batik Air, setiap penumpang boleh membawa satu tas (koper dan sebagainya) bagasi kabin dan 1 tas laptop atau 1 tas tangan.

Menurut aturan bagasi Batik Air, dimensi tas bagasi kabin utama tidak boleh lebih dari 40 cm, tinggi 30, dan lebar 20 cm. Batik Air memberikan fasilitas bagasi secara gratis kepada penumpang sebanyak 20 kg.

Jumlah bagasi tercatat yang dapat kamu dapat dengan gratis akan bervariasi sesuai dengan kelas perjalanan serta syarat dan ketentuan tiket. Berat satu koper tidak lebih dari 30 kilogram untuk penumpang kelas bisnis dan kelas ekonomi 20 kilogram.

Untuk sebagian besar destinasi, jatah bagasi terdaftar gratis yang didapat penumpang ditentukan berdasarkan berat (Sistem Berat).

Aturan yang tertera, sewaktu-waktu akan berubah dan diganti dengan kebijakan dari masing-masing maskapai. Kamu juga bisa mendapat informasi tambahan dengan membuka website resmi dari masing-masing maskapai.




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.