Ingin Hemat Gas LPG? Ini 6 Tips Mudah yang Bisa Anda Lakukan



Sejak Pemerintah mencabut subsidi dan mencanangkan pembatasan konsumsi BBM jenis minyak tanah, maka gas LPG menjadi bahan bakar pengganti pilihan utama bagi rumah tangga. Oleh karenanya, kini Gas LPG sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap rumah tangga untuk keperluan memasak, tak kalah pentingnya dengan kebutuhan lainnya, seperti makan dan minum.

Memasak dengan kompor gas sekarang sudah cukup familiar bagi banyak keluarga, termasuk di wilayah pedesaan. Apalagi kini harga kompor gas sangat terjangkau, membuat banyak orang makin tertarik untuk memanfaatkannya. Banyak keuntungan yang akan Anda dapat menggunakan kompor gas. Selain lebih praktis, memasak menggunakan kompor gas juga lebih cepat, mudah, hemat tenaga, dan lebih aman.

Namun, seiring makin banyaknya orang yang memanfaatkan gas LPG terkadang sulit juga untuk mendapatkan barang tersebut. Tak jarang stok kosong di agen atau pangkalan sehingga harus menunggu beberapa waktu. Kalau sudah begini, terpaksa harus mencari di toko atau warung yang menjual eceran. Sudah bisa ditebak, pastinya harga akan lebih mahal.

Oleh karenanya, merupakan sikap yang bijak jika Anda khususnya para ibu rumah tangga mau menghemat dalam menggunakan gas untuk memasak. Harus diingat, penggunaan gas pada kompor dengan cara yang salah bisa membuat gas menjadi lebih boros.

Lantas, adakah caranya menghemat gas LPG? Anda bisa melakukan beberapa cara agar gas menjadi lebih hemat. Berikut ini 6 tips mudah untuk menghemat penggunaan gas LPG yang bisa Anda lakukan dirumah. Simak uraiannya!

1. Nyalakan kompor secara wajar.

Hindari menyalakan kompor dengan ukuran api yang terlalu besar, misalnya sampai melebihi bagian atas dari penggorengan atau panci. Ini adalah tindakan sia-sia saja, karena selain cepat merusak peralatan masak, panas berlebih yang dihasilkan juga akan terbuang percuma. Oleh karenanya, lebih baik nyalakan kompor dengan api yang kecil atau sewajarnya saja.

2. Menutup panci dan mematikan kompor sebelum olahan masak.

Ketika memasak menggunakan panci atau alat masak lainnya usahakan untuk ditutup. Dengan cara demikian, maka akan mampu mempercepat proses pematangan masakan karena uap yang dihasilkan tidak terbuang percuma. Selain itu, nutrisi bahan pangan yang dimasak juga tidak akan hilang.

Juga ketika memasak, matikan kompor sebelum masakan benar-benar masak. Biarkan masakan tetap berada di dalam alat masak atau penggorengan, karena proses pematangan masih akan terus berlanjut sebagai akibat panas yang tersisa dari peralatan masak.

3. Gunakan peralatan masak Stainless Steel.

Memasak menggunakan peralatan masak berbahan stainless steel akan lebih cepat masak. Alasan yang logis, karena bahan ini merupakan penghantar panas yang terbaik dibanding logam lainnya, seperti aluminium atau enamel.

4. Gunakan pressure cooker untuk memasak daging.

Memasak bahan makanan daging atau tulang-tulangan tanpa pressure cooker akan memerlukan waktu yang lama sampai bahan tersebut masak atau empuk. Oleh sebab itu hindari dan gunakan pressure cooker agar lebih cepat masak dan tidak membuat boros gas.

5. Sesuaikan antara alat masak dan bahan.

Memasak menggunakan alat masak atau panci kelewat besar dibanding bahan yang dimasak bisa membuat boros gas. Hal ini karena panci, wajan atau alat masak lainnya yang besar membutuhkan waktu lebih lama untuk menjadi panas. Untuk itu, sesuaikan antara jumlah bahan yang dimasak dengan alat masaknya agar lebih hemat gas.

6. Merawat kompor gas.

Pastinya kompor gas yang berfugsi dengan baik akan menghemat penggunaan gas. Untuk itu lakukan perawatan secara berkala. Perawatan yang perlu dilakukan antara lain :

  • Membersihkan kompor dan saluran gas. Saluran gas dan kompor yang kotor akan membuat api menjadi tidak berwarna biru, ini artinya membuat penggunaan gas menjadi lebih boros.
  • Gunakan selang yang berkualitas, karena selang menentukan aliran gas kepada api. Selang yang bagus akan memberikan tekanan yang baik, yaitu sekitar 500 psi. Ini adalah tekanan standar agar selang tidak kendor yang bisa membuat gas menjadi terbuang percuma.

Itulah beberapa tips untuk menghemat konsumsi gas LPG di dapur Anda. Nah, dengan menghemat penggunaan gas pastinya akan membuat anggaran belanja bulanan menjadi lebih irit. Anda perlu kompor gas? Kini kebutuhan kompor gas bisa Anda dapatkan di Blibli. Ayo segera kunjungi Blibli sekarang juga!




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.