Memilih Hydraulic Hose Fitting yang Tepat untuk Pertambangan





Seperti yang mungkin sudah Anda pahami, pemasangan alat dengan cara yang sesuai dan komponen yang tepat adalah salah satu aspek penting yang wajib diperhatikan, untuk menjamin bahwa sebuah alat dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Apalagi untuk area pertambangan di mana semua alat memiliki fungsi penting dan beban kerja yang cukup berat. Bahkan untuk alat berukuran kecil seperti hose fitting hydraulic pertambangan juga memiliki peran penting.


Fungsi dari hose fitting hydraulic pada pertambangan adalah sebagai penghubung selang dengan pompa, katup, silinder, maupun komponen lainnya yang terdapat pada sistem hidrolik. Pemasangan yang tepat akan membuat fungsinya menjadi lebih maksimal dan mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Namun, memastikan bahwa pemasangannya tepat saja masih belum cukup. Anda juga harus menggunakan hydraulic hose fitting yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, yaitu dengan memerhatikan hal berikut : 
 

● Material

Hose fitting memiliki beberapa pilihan material, yaitu :

  • Plastik, aman terhadap risiko karat tetapi tidak tahan lama dan memiliki kekuatan yang rendah. Banyak dipilih karena harganya murah.
  • Baja, lebih kuat dibanding plastik dan tahan terhadap suhu -65OF (-53OC) hingga suhu panas mencapai 500OF (260OC).
  • Stainless steel, mampu bekerja dengan baik dalam rentang suhu -425OF (-253OC) hingga suhu panas 1200OF (648OC). Tidak hanya itu, material ini mampu bekerja dengan mencapai 10.000 psi dan untuk desain khusus mencapai 20.000 psi. Namun, harganya cukup mahal.
  • Kuningan, mampu bekerja dalam rentang suhu -65OF (-53OC) hingga 400OF (204OC) dan tekanan mencapai 3.000 psi. Namun disarankan untuk digunakan pada tekanan di bawahnya.

Sesuaikan material yang dipilih dengan jenis cairan, suhu, dan tekanan yang akan mengalir pada hose dan fitting tersebut nantinya. Dengan begitu hose dan fitting akan semakin awet dan pastinya aman. 
 

● Ukuran

Hose yang digunakan memiliki ukuran yang berbeda. Pastikan untuk memilih fitting dengan ukuran yang sesuai dengan diameter hose. Sebab, pemilihan yang tidak sesuai akan berdampak pada kegagalan pada proses crimping, yaitu pemasangan fitting dengan hose.

Sangat disarankan untuk menggunakan hose dan fitting dari satu manufaktur yang sama. Sebab setiap manufaktur biasanya akan membuat komponen yang sesuai untuk mendukung kinerja komponen lain buatan mereka juga. Menggabungkan hose dengan fitting dari manufaktur yang berbeda dapat berisiko menyebabkan terjadinya kegagalan crimping
 
 
 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.